Merubah Skin Care Sesuai Dengan Pergantian Musim

by Vellya Putri - July 06, 2020

Seperti yang kita ketahui, pergantian musim memiliki banyak efek samping pada kondisi tubuh dan kulit kita secara general. Mungkin banyak yang berpikir bahwa bagi kita yang tinggal di daerah beriklim tropis, perubahan musim dan suhu tidaklah begitu berpengaruh karena sudah “terbiasa” dengan iklim tropis. Namun sebenarnya, kulit kita lebih sensitif dengan perubahan suhu.

Seperti yang dikatakan oleh Charlotte Cho, yang merupakan seorang co-owner dan kurator di salah satu platform K-Beauty, bahwa kita harus mengganti produk perawatan kecantikan kulit kita seperti kita mengganti baju yang disesuaikan dengan musim. 

Jadi, tidak ada salahnya jika kita lebih memperhatikan kebutuhan kulit, khususnya pada masa pergantian musim. Dalam hal ini, di Indonesia, pergantian dari musim hujan ke musim kering, di mana yang lebih dikenal dengan nama musim pancaroba.

Seperti yang dilansir dari skincare.com berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan pada produk kecantikan selama musim pancaroba dan musim kering. 

Mengganti Jenis Cleanser
Jika pada musim hujan kita memakai foam atau bahkan scrub cleanser, maka pada musim kering ini akan lebih baik jika kita memakai gel cleanser. Cleanser jenis ini sangat cocok sekali bagi kita yang memiliki kulit berminyak atau kombinasi. Meskipun ringan, gel cleanser ini mampu membersihkan wajah dengan secara mendalam, sehingga juga bisa membantu mengatasi masalah pori-pori tersumbat. Kalau kulit kamu sensitif dengan gel cleanser, pakai cream cleanser yang konsistensinya ringan juga bisa! Jadi jangan bingung ya.

Hidrasi Kulit Dengan Tambahan Facial Mist
Facial mist tidak hanya bisa membantu kita dalam menghidrasi kulit secara instan, namun facial mist juga memberikan kelegaan tersendiri bagi kita. Dengan bentuk yang di dalam botol, kita bisa membawa facial mist ke mana-mana dan dipakai kapan saja, terutama pada saat cuaca sedang terik-teriknya. Perfect combo? Hydrating toner dan facial mist!

Mengganti Jenis Moisturiser dan Essence
Tidak kalah pentingnya dengan mengganti jenis cleanser, kita juga harus mengganti jenis moisturiser dan essence yang lebih terasa ringan di kulit agar tidak menyumbat pori-pori kita karena penggunaan produk yang konsistensinya lebih padat selama musim kering.

Gunakan Sunscreen SPF 20-30
Masih banyak yang menganggap remeh efektivitas dari pada sunscreen. Dengan penggunaan yang tepat, sunscreen bisa menjadi sebuah perlindungan yang tepat bagi kulit kita loh. Apply & reapply adalah jurus pamungkas untuk menjadikan sunscreen menjadi lebih efektif. Gunakan sunscreen yang memiliki SPF 20 hingga 30 untuk pemakaian sehari-hari. Untuk berenang, atau kegiatan outdoor lainnya gunakan sunscreen yang memiliki SPF 45+.

Jadi sekarang sudah tidak perlu bingung lagi menyiasati perubahan kulit wajah saat musim pancaroba ya Sahabat Celles Tiane. Karena pastinya setiap perubahan pada musim akan membawa dampak berbeda-beda bagi setiap kulit, ada yang jerawatan, ada yang iritasi, bahkan sampai ke masalah radang loh. Jadi sekarang mau musim apapun, kita sudah siap untuk menjaga dan merawat kulit dengan produk-produk yang tepat dan tentunya dengan pemakaian yang rutin. 


Share:

Other Articles

Konsultasikan masalah kulit kamu disini