Kenali Jenis Toner dan Fungsinya untuk Kulitmu

by Vellya Putri - August 03, 2020

Sudah tidak asing lagi jika kita melihat toner berada di dalam list produk yang harus dimiliki di dalam rangkaian produk skincare. Setiap produk yang ada di dalam rangkaian skincare memiliki fungsinya masing-masing, pastinya untuk saling membantu mengoptimalkan kinerja produk yang lainnya.

Tahukan kamu bahwa toner ada beberapa jenis dengan fungsinya yang berbeda? Yuk kita intip fungsi dan manfaat dari jenis-jenis toner yang ada saat ini.

Apa Itu Toner?

Menurut Elizabeth Bahar Houshmand, MD, seorang dermatologist di Dallas, Amerika Serikat. Toner bisa membantu mempersiapkan kulit wajah kita untuk pemakaian serum dan moisturiser, dengan cara membersihkan minyak atau kotoran yang masih tersisa setelah mencuci muka. Menurutnya beberapa toner bisa memberikan manfaat yang sama seperti serum, tergantung kandungannya, “Sangatlah penting untuk melihat kandungan di dalam toner tersebut seperti rose water, glycolic dan hyaluronic acid, dan vitamin yang bisa membantu untuk exfoliate, menenangkan dan menghidrasi kulit wajah.” tutur Elizabeth.

Jenis-Jenis Toner

Ada setidaknya empat jenis toner yang harus diketahui dengan manfaat yang berbeda 

Toner Pembersih/Cleansing Toner

Cleansing toner berfungsi sebagai pembersih yang mengangkat tuntas sisa kotoran, dan sisa make up setelah memakai milk cleanser. Selain itu, jenis toner pembersih ini juga bisa menyegarkan kulit wajah kita. Untuk cara pemakaiannya sendiri, oleskan milk cleanser ke seluruh wajah, gosokkan dengan lembut dengan gerakkan melingkar, lalu lap dengan kapas. Setelah itu, tuangkan cleansing toner ke kapas dan usap secara lembut di seluruh wajah dan leher.

Toner Pelembab/Hydrating Toner

Hydrating toner digunakan bersamaan dengan moisturiser, pemakaian ini dikenal dengan istilah double moisturising. Fungsi dari hydrating toner adalah untuk meningkatkan kelembaban kulit wajah kamu dan mempersiapkan kulit untuk pemakaian produk selanjutnya, sehingga kulit bisa melakukan penyerapan lebih baik. Hydrating toner biasanya mengandung rose water, aloe vera, HA (hyaluronic acid) atau Sodium Hyaluronate

Contohnya seperti M&Y Hydra Petal Lotion, toner yang dengan Sodium Hyaluronate, ekstrak fermentasi beras, ekstrak alga coklat, dan ekstrak Soybean Seed yang bisa membantu melembabkan dan meningkatkan elastisitas kulit kamu.

Hydrating toner biasanya digunakan setelah mencuci wajah dengan sabun cuci muka. dan digunakan dua kali sehari pada pagi dan malam hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Clarifying Toner

Toner jenis ini selain untuk menyegarkan, biasanya memiliki fungsi untuk mencegah timbulnya  jerawat dan menjaga kadar minyak di wajah. Untuk pemakaian clarifying toner sama seperti pemakaian hydrating toner:

Toner Eksfoliator/Exfoliating Toner

Exfoliating toner biasanya memiliki kandungan AHA, BHA dan PHA yang berfungsi sebagai eksfoliator, mengangkat kotoran dan sel kulit mati. Selain itu, exfoliating toner juga membantu mengembalikan tingkat kadar pH kulit wajah. Pemakaian exfoliating toner adalah dengan menuangkan toner ke kapas dan usapkan perlahan ke bagian wajah dan leher.

Nah, setelah membaca poin-poin di atas, tidak heran mengapa toner menjadi salah satu must have item di dalam rangkaian skincare-mu. Pastikan kamu menggunakan toner setelah mencuci wajah, untuk mengembalikan kelembapan kulit dan mempersiapkan kulitmu untuk rangkaian skincare selanjutnya. 

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, jangan lupa untuk pemakaian secara konsisten saat pagi dan malam hari ya.


Share:

Other Articles

Konsultasikan masalah kulit kamu disini