Jadi Prioritas, Skin Barrier Juga Butuh Perawatan

by Vellya Putri - July 22, 2020

Penasaran kenapa kondisi kulit kamu sering berjerawat,  kemerahan dan gatal? atau justru kering tapi berminyak pada saat bersamaan? Mungkin skin barrier kamu yang sedang bermasalah. Apa itu Skin Barrier dan hubungannya sama masalah kulit wajah kamu? Nah kali ini #CTteam akan bahas lebih lanjut mengenai skin barrier di artikel ini. Apa Itu Skin Barrier?
Seperti yang kita ketahui, kulit merupakan organ tubuh terbesar pada tubuh manusia, dan pada umumnya diketahui untuk melindungi organ-organ di dalam tubuh. Nah, kulit memiliki lapisan-lapisan yang salah satunya disebut stratum corneum, atau yang lebih dikenal sebagai skin barrier. Lapisan terluar dari kulit yang berfungsi untuk menghentikan faktor-faktor eksternal yang sifatnya destruktif dan memiliki potensi untuk merusak kulit kita.  Skin barrier sendiri memiliki dua lapisan, yakni lapisan sel kulit terluar dan lapisan lemak yang mengandung ceramide, kolesterol dan asam lemak, yang mengikat sel-sel kulit terluar dan menjadikannya kuat untuk melindungi lapisan dalam kulit kita.

Gejala Skin Barrier Yang Rusak

Banyak yang menganggap remeh dari gejala-gejala skin barrier yang rusak, atau bahkan ada yang tidak paham sama sekali dengan gejala-gejalanya. Jika kamu mengalami inflamasi kulit, terjadinya pengelupasan kulit, kulit menjadi sensitif dan kering secara tiba-tiba, itu artinya skin barrier kamu sedang tidak dalam kondisi prima.. Pada kasus yang lebih parah, banyak jerawat dan ruam akan muncul secara bersamaan. Rusaknya skin barrier juga menyebabkan kulit kering,  jadi  memicu kelenjar minyak untuk bekerja lebih ekstra memenuhi kebutuhan hidrasi pada kulit. Kulit jadi kering tapi berminyak dalam waktu bersamaan. Kamu pernah mengalaminya?

Penyebab Skin Barrier Rusak

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab rusaknya skin barrier. Selain dari lifestyle yang kurang sehat, polusi udara, over eksfoliasi, temperatur yang ekstrim (air yang terlalu panas atau dingin), hingga cuaca yang buruk dan paparan sinar matahari secara langsung yang secara perlahan mengikis skin barrier. Penggunaan cleanser yang bertekstur keras juga tidak disarankan karena butiran scrub pun perlahan akan mengikis skin barrier.

Memperbaiki Skin Barrier 

Untuk mengembalikan kondisi skin barrier mu ke kondisi yang sehat seperti semula, tidak sesulit itu kok. Kamu cuma perlu merawat kulitmu dengan perawatan kulit dasar. Pembersih, Penyegar dan Pelembab yang lembut untuk kulitmu serta menggunakan rangkaian skincare yang simple dan memiliki kandungan yang menenangkan dan melembabkan seperti yang terdapat pada Celles Tiane M&Y Hydra Series.

Pada umumnya, jika kamu berkonsultasi pada aesthetician mengenai kondisi kulit kamu dan untuk mengatasi masalah skin barrier, kamu akan dianjurkan untuk memakai produk yang memiliki beberapa kandungan, dua diantaranya adalah ceramide dan hyaluronic acid. Kamu bisa temukan kedua kandungan tersebut di Celles Tiane M&Y Hydra Series. Nah, M&Y Hydra Series ini juga diformulasikan dari ekstrak marine collagen dan ekstrak fermentasi beras yang memang secara khusus memberikan kelembaban kulit yang maksimal dan meningkatkan kadar air pada kulit dan mencegah terjadinya dehidrasi pada kulit.

Pada rangkaian produk ini, khususnya M&Y Hydra Defending Emulsion adalah pelembab yang secara spesial diberikan kandungan ceramide-3 untuk melindungi dan memperbaiki kulit dari kerusakan dan menghaluskan tekstur kulit.

Jadi setelah mengetahui pentingnya untuk merawat skin barriwr kita, kamu masih mau skip perawatan kulit harian mu?. Tertarik buat coba Celles Tiane M&Y Defending Emulsion? Kamu bisa langsung klik live chat di pojok kanan bawah dan konsultasikan masalah kulitmu dengan #CTteam.


Share:

Other Articles

Konsultasikan masalah kulit kamu disini